Pembelajar visual belajar lewat visualisasi, baik dengan mencari citra
eksternal atau menciptakan citra mental tentang hal yang sedang dipelajari. Kecerdasan
spasialnya (spatial intelligence)
tinggi. Mungkin sebelum dapat mengerti atau memahami sebuah gagasan atau
sekumpulan gagasan abstrak, mereka harus membuat gambar diagramnya dulu. Mereka
cenderung menjadi good speller –
pengeja yang baik – karena imajinasi mereka mampu memahami kata yang ingin
dieja. Orang dengan “photographic memory” (ingatan yang sangat tajam, seperti
foto), merupakan
pembelajar visual. Bahkan ketika memori mereka tidak cukup
fotografis (tajam), pembelajar visual mengingat kata, angka, dan citra grafis
yang pernah mereka lihat jauh lebih baik dari pada percakapan yang pernah
mereka lakukan atau kuliah dosen yang pernah didengarkan.
Auditori
Pembelajar auditori (auditory learners) paling baik belajar
dengan mendengarkan dan menanggapi secara lisan, baik terhadap orang lain atau
suara di dalam benak mereka sendiri. Bagi mereka, belajar hampir selalu diikuti
dengan berbicara kepada diri sendiri: “Apa yang saya ketahui tentang hal ini?
Apakah ini bisa dimengerti? Apa yang bisa saya kerjakan dengan ini?” Seringkali
mereka memiliki kecerdasan musikal yang tinggi. Mereka merupakan peniru yang
sangat baik; mampu mengingat lelucon dan seluruh percakapan dengan ketepatan
yang mengagumkan. Mereka sangat memperhatikan ciri irama dari suatu teks lisan
atau teks tertulis: pola titinada, nada, volume, tempo. Proses ingatan mereka
cenderung lebih linier daripada pembelajar visual. Jika pembelajar visual
memahami seluruh gagasan sekaligus dalam bentuk gambar spasial, maka
pembelajaran auditori mempelajari mempelajarinya dalam bentuk rangkaian tahap
yang harus diikuti menurut urutan yang tepat sama.
Kinestetis
Pembelajar kinestetis (kinesthetic learners) paling baik belajar dengan
melakukannya. Seperti yang tersirat dari namanya, mereka memperoleh angka
tinggi untuk kecerdasan kinestetis-jasmani. Cara belajar favorit mereka adalah
terjun langsung ke suatu hal tanpa benar-benar mengetahui bagaimana cara
mengerjakannya dan menemukan cara itu dalam proses pengerjaan. Ketika membeli
sebuah mesin baru, pembelajar visual membuka buku panduan untuk melihat
diagram; pembelajar auditori membaca panduan itu dengan “kata-katanya sendiri”
karena terus menerus mengubahkata-kata di halaman panduan itu menjadi deskripsi
yang lebih sesuai dengan pemikirannya, dan bila macet di tengah jalan, mereka
segera memanggil bantuan teknisi; pembelajar kinestetis akan menancapkan steker
dan mulai mecobai tombol-tombol. Pembelajar kinestetis umumnya sedikit bicara dan
banyak kerja; mereka menuruti perasaan dan selalu memeriksa bagaimana perasaan
mereka terhadap sesuatu sebelum terlibat dalam hal itu. Tetapi mereka kurang
cakap dalam mengartikulasikan perasaan, juga kurang bisa “melihat gambaran
keseluruhan (to see the big picture)”
(pembelajar visual) atau “memikirkan sesuatu secara menyeluruh dan menarik kesimpulan
yang benar” (pembelajar auditori).
And
then......
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan tentang jenis pengolahan (visual, auditori, kinestetis)
berikut ini dengan melingkari dua
huruf yang paling sesuai dengan gaya Anda – misalnya, jika jawaban visual dan
auditori pada suatu pertanyaan terlihat menggambarkan perilaku khas Anda, maka
lingkarilah huruf V dan hauruf A. Jika hanya ada satu jawaban yang sesuai
dengan gaya Anda, buatlah dua lingkaran pada huruf yang sama. jika Anda sudah
menyelesaikan tes ini, hitung semua jumlah V, A, dan K, kemudian bandingkan
mana yang lebih dominan.
(a) Jika
mencoba memvisualisasikan sesuatu, apa yang muncul dalam pemikiran Anda?
V gambar yang kompleks dan detail
A suara-suara
K gambar bergerak yang suram dan
samar-samar
(b) Jika
sedang marah, apa yang Anda lakukan?
V menggerutu diam-diam sambil menekan kemarahan
A berteriak dan menjerit-jerit
K menghentak-hentakkan
kaki, menendang dan melemparkan barang-barang, mengacung-acungkan tangan.
(c)
Jika sedang belajar, apa yang Anda
lakukan?
V menggambar sambil melamun
A bicara pada diri sendiri
K berjalan bolak-balik atau gelisah
(d)
Jika ada sesuatu yang perlu Anda
bicarakan dengan seorang teman, apakah Anda lebih suka
V membuat catatan, menulis surat, faks,
pesan e-mail?
A menelponnya?
K mengajaknya jalan-jalan?
(e)
Apa yang Anda lakukan untuk mengingat
sebuah nomor telepon?
V melihat nomor itu dalam benak Anda
A mengucapkannya dengan lantang atau kepada
diri Anda sendiri?
K memutar nomor itu dan membiarkan jari-jari
Anda saja yang mengingatnya?
(f)
Ketika berusaha mengingat seseorang,
apakah Anda
V ingat wajahnya (tetapi seringkali lupa
namanya)?
A ingat namanya (tetapi seringkali lupa
namanya)?
K ingat sesuatu yang pernah Anda lakukan
bersamanya?
(g)
Ketika mencoba “membaca” seseorang
(suasana hati, opini, reaksi, dll.) apa yang Anda “baca”?
V ekspresi wajahnya
A nada suaranya
K gerak tubuhnya
(h)
Apabila tidak bisa memikirkan sebuah
kata, apakah Anda
V membuat gambar
A bergumam ragu-ragu?
K bergerak-gerak atau memperagakannya?
(i)
Ketika bermimpi, apakah Anda
V melihat gambar berwarna yang hidup?
A mendengar suara-suara?
K merasakan diri Anda sendiri bergerak-gerak?
(j)
Ketika memikirkan seorang kawan, apa
yang Anda pikirkan pertama kali tentang dirinya?
V wajahnya
A suaranya, kalimat-kalimat yang diucapkan
K
gerak tubuh, gaya berjalan, nada suaranya
(k)
Ketika Anda sedang belajar atau mengajar
dalam kelas, apa yang paling Anda sukai?
V slide, diagram, komputer, buku yang indah
A bicara (kuliah, diskusi, mengulung-ulang
kalimat)
K
latihan praktis, pengalaman, perjalanan lapangan, peragaan
(l)
Apa yang paling banyak membantu Anda
ketika Anda sedang mempelajari sesuatu sendirian?
V ilustrasi
A penjelasan
teman
K menolak semua bantuan dan hanya mengerjakan apa yang Anda pelajari
dengan cara uji coba (trial and error)
(m) Jika terjadi kebakaran, apa yang Anda lakukan?
V
menilai situasi, berpikir, merencanakan, mencari pintu kelua
A
berteriak “Kebakaran!” atau menjerit-jerit seperti orang gila
K
lari menuju pintu keluar, menolong orang lain
(n)
Jika sedang menonton TV atau film, acara
apa yang paling Anda sukai?
V film tentang perjalanan, film documenter
A bincang-bincang (talk show), warta berita, komedi, drama
K olahraga, petualangan, suspense
(o)
Bagian mana yang paling Anda sukai ketika
Anda membaca novel atau menonton film?
V deskripsi (novel) atau sinematografinya
(film)
A
dialognya
K aksinya
(p)
Bentuk mana yang paling Anda sukai
ketika Anda membaca novel atau film?
V seni lukis, fotografi, atau seni memahat
A puisi atau musik
K teater atau seni tari
(q)
Bentuk kesenian seperti apa yang paling
senang And kerjakan?
V menggambarkan atau melukis
A menulis atau menyanyi
K akting, menari, atau memahat
(r)
Apa yang paling Anda suka bila ingin
mengabdikan suasana?
V mengambil foto
A merekamnya pada kaset tape
K merekamnya pada kaset video
(s)
Apa yang paling Anda sukai ketika
menerjemah?
V terjemahan tertulis
A penerjemahan di konferensi atau di
pengadilan
K penerjemah sebagai pemandu
(t)
Ketika sedang menerjemah, apa yang
paling mengganggu Anda?
V kondisi yang berantakan pada teks sumber,
pada meja Anda, dll.
A kebisingan, musik, suara
K gerakan
Sumber: Robinson, Douglas. Menjadi Penerjemah Profesional. Diterjemahkan oleh SPA Team Work. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2005.
Posted by Dita Aristiyasari
Posted by Dita Aristiyasari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar